Universitas Islam Terbesar di Dunia

Universitas Islam terbesar di dunia sangat berpengaruh dalam perkembangan agama islam, Universitas tersebut dikenal dengan nama Al-Azhar. sehingga banyak Negara-Negara islam yang sangat merujukan masyarakat nya melanjutkan pendidikan ke universitas Al-Azhar yang terletak di Negara Mesir. Negara-Negara asia seperti Indonesia,Malaysia,Thailand dan lain-lain masyarakat nya banyak yang melanjutkan pendidikan di Universitas Al-Azhar. Dengan nama nya yang di ambil dari salah satu keturunan dari Nabi Muhamad SAW yang bernama sayyidah Fatimah Azzahra nama Al-Azhar sangat sakral di mata mahasiswa Al-Azhar dan masyarakat Mesir dan sekitarnya.
Awal di dirikan nya Universitas Al-Azhar oleh Dinsti Fatimiah, Pada awal nya Al-Azhar hanyalah sebuah masjid untuk beribadah msyarakat kairo mesir dan sekitar nya. Masjid Al-Azhar di bangun pada tahun 970-972 Masehi. Dan nama Al-Azhar di ambil dari salah satu keturunan nabi Muhamad SAW yang bernama Sayyidah Fatimah Az-Zahra.
Lahir nya Universitas Al-Azhar ketika kepemimpinan Khalifah Abu Al-Mansur Nizar Al-Aziz sebagai pemimpin Dinasti Fatimiah yg ke lima dan menjadi khalifah pertama yg menjalankan pemerintahan di Negara Mesir. Khalifah Abu Al-Mansur Nizar Al-Aziz mampu membawa Dinasti Fatimiah berada di puncak kejaya’anya pada tahun (975-996) Masehi.
Kemudian setelah Dinasti Fatimiah runtuh di tahun 1171 Masehi di karenakan serangan dari Khalifah Salahuddin Al-Ayyubi dari dinasti Ayyubiyah kegiatan belajar mengajar di masjid Al-Azhar sempat di berhentikan untuk sementara. Kemudian pada tahun 1260 Masehi pada masa pemerintahan Dinasti Mamelik masjid Al-Azahr di aktifkan kembali sebagai tempat belajar mengajar.
Pada tahun 1930 masjid Al-Azhar mengubah status nya sebagai lembaga pendidikan tinggi yaitu Universitas Al-Azhar. Pada waktu itu Universitas Al-Azhar hanya memiliki tiga Fakultas yaitu Fakultas ushuluddin,Fakultas Hukum Islam,dan Fakultas Bahasa. Kemudian di tahun 1961 Universitas Al-Azhar membuka Fakultas baru seperti Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran,Fakultas Teknik dan lain-lain.
Seiring banyak nya mahasiswa dari setiap Negara, Universitas Al-Azhar meniadakan sistem absensi. Antara mahasiswa dan mahasiswi pun kampus dan ruang belajar nya tidak di satukan. Oleh karena itu setiap mahasiswa dan mahasiswi harus konsisten dalam belajar nya. Supaya tidak ada nya sistem absensi di Universitas Al-Azhar mampu mempertahankan kualitasnya.

 

Ditulis oleh:

Izur Rohman

Mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo

Tinggalkan komentar